Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 713/ST TA.2019 Melaksanakan Penataran Hukum oleh Tim Hukum AD

Dalam rangka melaksanakan Satuan Tugas Pamtas RI-PNG Yonif 713/ST Tahun 2019, Para peserta yang sudah ditunjuk untuk mewakili beberapa Prajurit Yonif 713/ST melaksanakan ilmu penataran tentang hukum guna mengetahui dan tahu bagaimana cara untuk mencegah dan menetralisirkan Hukum saat berada di perbatasan sana. Kegiatan ini dilaksanakan di Mayonif 713/ST dessa Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru Kamis (13/06/2019)

Kegiatan ini di awali dengan pembukaan, Laporan perwira yang ditunjuk dan dilanjut sambutan oleh Kolonel Chk (K) Ainur Rochmaini, SH.MH yang kesehariannya sebagai KASUBDITDUKKUM serta mengalungkan tanda peserta penataran hukum oleh Kasubditdukkum kepada perwakilan Perwira Yonif 713/ST.

Sebagai suatu Negara Kepulauan yang sangat terbuka dari berbagai arah, Indonesia memiliki sejumlah permasalahan perbatasan yang belum terselesaikan. Mulai dari pengukuran garis batas antar Negara yang belum semuanya dapat di sepakati oleh para pihak, hingga berbagai masalah kriminalitas antar Negara yang dapat menimbulkan permasalahan hukum tersendiri.

Sebelum Penataran Hukum dimulai Danyonif 713/ST memberikan cindera mata kepada Kasubditdukkum sebagai tanda rasa hormat dan kebanggan dari kami Yonif 713/ST.

Untuk itu setiap prajurit yang bertugas menjaga tapal batas bukan hanya semata-mata di bekali kemampuan tempur yang optimal serta ketahan fisik yang prima, tetapi juga di bekali pengetahuan hukum yang mumpuni, agar pada saat melaksanakan penegakan hukum di perbatasan dapat melaksanakan tugasnya dalam batas standar yang minimal.

Beberapa materi penataran hukum diantaranya Satuan Satgas RI-PNG, Pelanggaran dan tindak pidana menonjol di perbatasan RI-PNG, Teknik pengumpulan keterangan terhadap pelanggaran dan kejahatan oleh Satgas Pamtas RI-PNG, Rules Of Engagement Satgas Pamtas RI-PNG, Hukum HAM dan Humaniter dalam pelaksanaan tugas RI-PNG.

Hadir pada kegiatan ini diantaranya Mayor Chk Fadilah, SH keseharaiannya sebagai DirkumAD, Mayor Inf Dony Gredinand S.H, M.Tr. Han, M.I.Pol (Danyonif 713/ST), Kapten Inf Simon Freddy Pasaribu (Wadan Satgas Yonif 713/ST), Kapten Chk Rio SH. (Pakum Satgas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *