GELIAT PASAR SKOUW PERBATASAN SATGAS YONIF 713/ST

Hari Kamis merupakan hari pasar bagi masyarakat di perbatasan, hari untuk berbelanja bagi masyarakat perbatasan RI-PNG selain hari Kamis hari pasar juga diadakan setiap hari Selasa dan Sabtu dimana ketika hari pasar ini tiba maka semua masyarakat baik yang dari negara tetangga PNG maupun masyarakat warga Indonesia, mereka berbondong-bondong untuk berbelanja kebutuhan di pasar Skouw yg terletak di perbatasan, Skouw, Kamis (29/08/2019).

Seperti halnya yg terjadi hari ini Kamis  tanggal 29 Agustus 2019 dibawa pimpinan Sertu Arfin yang menjabat sebagai Danru Jaga hari ini,  masyarakat PNG berbondong bondong datang ke pasar Skouw, namun sebelum mereka sampai dipasar maka masyarakat ini akan diperiksa terlebih dahulu di Penjagaan Pos Kotis Satgas Yonif 713/ST yang jaraknya tidak jauh dari Pasar Skouw kira-kira sekitar 100 meter. Dengan sigap personel pos selalu memeriksa setiap orang yang akan menuju pasar, mereka boleh menuju pasar setelah mereka memberikan ID Card dan diperiksa serta dicatat oleh personel jaga di buku yang telah disiapkan di pos jaga seperti Pasport dan kartu kuning.

Dengan teliti pemeriksaan ini dilaksanakan untuk memberikan rasa aman, untuk mencegah hal hal yg tidak di inginkan apakah itu penyelundupan narkoba, pelintas batas ilegal dan lain sebagainya.

“Masyarakat sangat senang bisa berbelanja di pasar Skouw dengan berbagai pertimbangan mereka tidak perlu pergi ke kota lagi untuk belanja karena sebagian besar kebutuhan yang mereka butuhkan sudah ada di pasar Skouw ini, kalau ke kota pasti membutuhkan biaya tambahan akan menempu jarak yang lumayan jauh”, ungkap ibu Gracia.
Ibu Gracia adalah salah satu warga PNG yang setiap hari pasar selalu datang ke pasar Skouw untuk belanja kebutuhan sehari hari dan sekaligus untuk dijual lagi di PNG karena ibu Gracia mempunyai warung kecil yang ada dirumahnya.

“Dalam tugasnya setiap anggota pos melaksanakan pemeriksaan dengan teliti dan tidak mengesampingkan faktor keamanan, hal ini untuk mencegah kerugian baik kerugian material kerugian personel”, ungkap Dansatgas Pamtas Yonif 713/ST Mayor Inf Dony Gresinand, SH., M.Tr.Han., M.l.Pol.
Dansatgas juga menambahkan bahwa kegiatan pemeriksaan seperti ini dilaksanakan setiap hari dan bukan hanya dilaksanakan pada hari pasar saja.

Autentikasi
Dansatgas Yonif 713/ST
Mayor Inf Dony Gredinand,S.H., M.Tr.Han.,M.l.Pol
No. Hp. 085297874405

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *