CIPTAKAN RASA AMAN UNTUK MASYARAKAT DI PERBATASAN

Satgas Yonif 713/Satya Tama Perbatasan RI-PNG kembali melaksanakan pemeriksaan dengan tujuan menciptakan rasa aman dan nyaman disaat malam minggu, hal ini dikarenakan malam minggu biasanya rawan untuk anak-anak muda melakukan aktifitas yang negatif, Jayapura, Sabtu (26/10/2019).

Pemeriksaan kali ini dilaksanakan oleh beberapa Pos yaitu Pos Skamto, Pos Bendungan Tami dan Pos Pitewi. Pemeriksaan yang dilaksanakan oleh ketiga Pos ini tujuannya menciptakan kondisi yang aman dan nyaman karena banyaknya laporan dari masyarakat yang menyampaikan sering terjadi tindak kekerasan yang bermula dari pengaruh minuman keras.

Pos Skamto dengan pimpinan Letda Inf Prengki Simanjuntak, S.H bersama dengan satu regu anggotanya melaksanakan pemeriksaan tepat pada pukul 17.00 WIT di Jalan Trans Papua Kampung Yowong Distrik Arso Barat Kabupaten Keerom Provinsi Papua. Dalam pemeriksaan kali ini Personel Satgas mendapatkan beberapa Minuman keras yang dibawa oleh saudara Nurjulianto umur 22 tahun alamat Arso 4 pekerjaan karyawan swasta; Herman umur 25 tahun alamat Arso 14 pekerjaan Petani dan Kusmanto umur 30 tahun alamat  Arso 7 pekerjaan buruh bangunan  Dari ketiga orang tersebut berhasil diamankan 1 Botol Vodka 250 ml, 1 Botol Guinness 325 ml, 2 Botol Anker Stout 330 ml, 1 buah Badik, 1 Busur Wayer dan 15 anak panah Wayer.

Untuk barang bukti berupa Busur Wayer dan anak panah Wayer tersebut didapat informasi bahwa yang bersangkutan mempersiapkan serta membawa barang tersebut hanya untuk jaga-jaga diri apabila adanya terjadi kerusuhan seperti beberapa minggu lalu dan kemudian barang bukti ini diamankan di Pos Skamto guna untuk dilaporkan serta diserahkan ke Komando atas.

Pos Bendungan Tami sendiri tepat pada pukul 20.00 WIT di Pertigaan Gapura Koya Barat Muara Tami pemeriksaan dilaksanakan dengan dipimpin langsung oleh Letda Inf Josua Saragih bersama dengan satu regu anggotanya. Dalam pemeriksaan ini Personel Satgas juga kembali berhasil mendapatkan beberapa barang sitaan berupa Miras dan senjata tajam, yaitu 1 Sajam jenis Samurai Panjang, 1 buah badik, 2 botol Guinness dan 1 botol anggur merah yang dibawa oleh saudara Retno umur 22 Tahun alamat  Koya Timur pekerjaan pedagang dan Suwanto umur 31 tahun alamat Arso 2 pekerjaan  Petani. Barang bukti tersebut diamankan di Pos Bendungan Tami untuk dilaporkan ke Komando atas.

Pos Pitewi pimpinan Danpos Letda Inf Prabowo pada pukul 16.00 WIT melaksanakan pemeriksaan di Jalan Tapal Batas Kampung Pikere Distrik Arso Kabupaten Keerom Provinsi Papua dengan hasil Minuman keras berupa 1 botol Robinson 650 ml yang dibawa oleh saudara Oggi 28 tahun dan saat ini miras tersebut diamankan di Pos Pitewi.

Letda Inf Josua Saragih mengungkapkan “dengan adanya beberapa Pos Satgas Yonif 713/Satya Tama yang melaksanakan pemeriksaan hal ini dapat menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi masyarakat Perbatasan khususnya di sekitar Pos Satgas karena kedatangan kami untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat di Tanah Papua”, Ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *