TENAGA PENDIDIK SATGAS CERDASKAN ANAK PERBATASAN

Mencerdaskan anak bangsa di Perbatasan merupakan suatu harapan dari bangsa Indondesia termasuk juga harapan dari Satgas Yonif 713/Satya Tama yang memang sangat mengutamakan Pendidikan untuk anak-anak di Perbatasan. Seperti halnya apa yang dilakukan oleh Personel Pos Kaliasin dan Pos Mosso yang turut serta memberikan dedikasinya sebagai Tenaga Pendidik di SD Inpres Kampung Kibay dan SD Inpres mosso, Selasa (05/11/2019).

Tenaga Pendidik di Perbatasan memang sangatlah terbatas bahkan cukup dirasa kurang, hal ini yang menyebabkan Satgas Yonif 713/Satya Tama ingin sekali turut serta dalam campur tangan untuk mencerdaskan anak-anak bangsa di Perbatasan. Dansatgas Yonif 713/Satya Tama Letkol Inf Dony Gredinand, S.H., M.Tr.Han., M.l.Pol sangat menekankan kepada seluruh  jajaran Pos Satgas agar selalu hadir dan turut serta dalam kegiatan mencerdaskan anak bangsa di Perbatasan, bahkan dengan sangat seriusnya Satgas sendiri telah memiliki beberapa personel yang sudah mahir dalam memberikan pelajaran atau yang biasa disebut Gadik (Tenaga Pendidik) karena personel yang sudah dipilih ini telah mendapat pelatihan khusus sebelumnya di Gorontalo selama 3 bulan dan sudah memiliki kemampuan untuk mengajar layaknya sebagai Guru.

Dalam kegiatan Gadik di Pos Kaliasin kali ini turut hadir Personel Pos antara lain Letda Inf Ida Bagus Pujana (Danpos Kaliasin), Serda Ayub, Serda Rahel, Praka Ketut Swardika (sebagai pelatih), Pratu romadon (sebagai pelatih), Prada Arsat, Prada Heri, Praka Rizal dan 25 siswa siswi SD Impres Kampung Kibay.

Pos Kaliasin kali ini memberikan Pelatihan tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB) dengan materi antara lain yaitu Sikap sempurna, sikap istirahat, hadap kiri, hadap kanan dan juga latihan penghormatan. Latihan ini bertujuan untuk melatih tingkat kedisiplinan dan ketangkasan para siswa siswi dengan harapan mereka dapat menjadi penerus bangsa yang memiliki semangat dan disiplin yang tinggi untuk ikut serta membangun Bangsa Indonesia dikemudian hari.

Sementara itu Pos Mosso sendiri melaksanakan kegiatan Gadik di SD Inpres Mosso dan turut hadir dalam kegiatan ini Serda Tegar (Danru 1 Pos Mosso) dan 6 Peronel Pos Mosso, Bapak Stefanus (Kepala Sekolah SD Mosso), 15 orang siswa Kelas 1, 2 dan 5, Ibu Laras (Bidan Pustu Mosso) dan 1 orang dari Pustu.

Dalam kegiatan Gadik di Pos Mosso kali ini tidak hanya memberikan Materi pelajaran saja melainkan juga melaksanakan kegiatan Imunisasi. Dimanan imunisasi ini memang sudah rutin dilaksanakan dengan tujuan menjadikan siswa siswi yang sehat dan memiliki fisik yang prima agar tidak mudah terkena penyakit. Pada saat pemberian imunisasi awalnya siswa siswi merasa takut namun setelah mendapat ajakan dan motivasi dari petugas Kesehatan serta tentunya dari Personel Pos Mosso membuuat siswa siswi berani dan bahkan tidak ada yang menagis ketika disuntik imunisasi apalagi setelah diimunisasi Personel Pos Mosso memberikan makanan berupa snack untuk mereka.

Letda Inf Ida Bagus Pujana (Danpos Kaliasin) mengungkapkan “Kami sendiri Satgas sangat senang dapat turut hadir bersama-sama mereka disini, dimana kami sendiri dapat melihat betapa kurangnya tenaga pendidik di Perbatasan sehingga dengan penuh semangat dapat turut serta mencerdaskan anak-anak di Perbatasan dengan harapan untuk kemajuan Bangsa Indonesia dikemudian hari”, ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *