GRANFONDO JAYAPURA 125 KM

Kegiatan Gran Fondo Jayapura 125 km kali ini diikuti oleh gabungan atlet, masyarakat serta unsur TNI dan Polri. Dalam GranFondo 2019 ini Pos TNI Nafri menjadi Pitstop etape ke dua dengan jarak 46 KM. Sabtu (16/11/2019).

Belakangan ini di Indonesia marak di gelar event bersepeda Gran Fondo yang dalam penyelenggaraannya mampu menyedot ribuan peserta. GranFondo berasal dari bahasa Italia yang berarti “Bersepeda Jarak Jauh”. Event Ini mulai berkembang di Italia pada tahun 1970 dan ditujukan untuk menghormati para pakar bersepeda dan profesional lokal yang meraih prestasi di ajang internasional dan memenangkan berbagai turnamen. Event Gran Fondo pertama yang diselenggarakan adalah Nove Colli (Sembilan Bukit) pada 12 Juli 1970 di Cesenatico Italia.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kombes Pol Mulyadi Kahami (Panitia) Akbp T. Sirait (Kabagbinkar Polda Jayapura), Akp Clief (Kapolsek Abepura), Letda Inf H.R Sitorus (Danpos Nafri) dan Peserta Granfondo Jayapura. Kombes Pol Mulyadi mengungkapkan ada beberapa hal mendasar pada Gran Fondo seperti jarak tempuh yang mencakup minimal 120 Kilometer, lomba dilakukan perhitungan waktu dan tersedia hadiah untuk rider tercepat di setiap kategori.

Lintasan pada sebuah event Gran Fondo umumnya memiliki panoram yang indah. Di sepanjang rute yang dilalui juga terdapat marka jalan dan dilengkapi dengan titik berhenti untuk mengatasi masalah mekanis dan medis, serta terdapat zona khusus dimana tersedia makanan lezat dan minuman untuk semua peserta. Peserta Gran Fondo sendiri pada dasarnya adalah semua kalangan, baik profesional maupun amatir. Event ini terbagi dalam bebeberapa kategori lomba, yang mungkin saja berbeda antara satu event dengan lainnya.

Di Indonesia sendiri, kini juga terdapat sejumlah event Gran Fondo yang aktif atau telah digelar, diantaranya Gran Fondo New York (GFNY) yang pernah diselenggarakan di Lombok dan Bali, Gran Fondo Krakatau di Banten, serta event lainnya. Gran Fondo adalah sebuah event yang ditujukan bagi para pesepeda, khususnya penggemar road bike, dari berbagai kalangan. Sebelum berpartisipasi dalam event ini, ada baiknya Anda memastikan untuk menyiapkan diri dalam hal pengalaman, kepercayaan diri dan kebugaran. Dengan demikian, Anda bisa menentukan track atau kategori apa yang sesuai untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *