SOSIALISASI PAS LINTAS BATAS (PLB) DAN BEBAS VISA KUNJUNGAN DI WILAYAH KANTOR IMIGRASI JAYAPURA

Pentingnya pengetahuan tentang Keimigrasian memang merupakan hal utama dimana dalam hal ini Satgas Yonif 713/Satya Tama merupakan satuan yang sedang melaksanakan Penugasan Pengamanan Perbatasan di Wilayah RI-PNG. Sosialisasi kali ini yaitu tentang sosialisasi Pas Lintas Batas (PLB) dan Bebas Visa Kunjungan di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Jayapura yang dilaksanakan di Aula Permata Hijau Koya Resort Koya Barat Provinisi Papua, Kamis (05/12/2019).

Kegiatan Sosialisasi kali ini di hadiri oleh Bapak Gatut Setiawan (Kepala Kantor Imigrasi Klas I TPI Jayapura), Letkol Inf Ary Sutrisno (Dan satgas Yonif R 300/BJW), Kompol J. Pocerattu (Waka Polres Keerom), Bapak Ben Yudha Karubaba (Kasubdit Intelijen Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Jayapura), Bapak Heksa Asik Supriyadi (Kasi lalulintas Keimigrasian Kantor Wilayah Jayapura), Kapten Inf Rhetoreca (Wadan Satgas Yonif 509 R/BY), Iptu Kasrun (Pol Sub Sektor Skouw), Lettu Inf Suyono (Pasi Intel Satgas Yonif 713/ST), Lettu Inf Angga (Pasi intel Satgas Yonif R 509/BY), Lettu Inf Jupri (Wadan Koramil 1701 -04/Arso Kota), Ipda Saudi (Kanit Shabara Polsek Muara Tami), Pelda Bambang M. (Bati Tuud Koramil 1701-22/Muara Tami), Ibu Mathilda (Kasubdit Keamanan dan kebersihan PLBN Skouw), Bapak Joko (Kepala Badan Pengelola Perbatasan Kabupaten Keerom).

Adapun Sosialisasi yang disampaikan yaitu tentang UU Keimigrasian No. 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian pasal 1 angka 1 (Keimigrasian adalah hal lalu lintas orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia serta pengawasanya dalam rangka tegaknya kedaulatan Negara), UU Keimigrasian No. 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian pasal 24 angka 1,2 dan 3 yaitu Dokumen, (Paspor, Surat Perjalanan), Paspor (Paspor diplomatik, paspor Dinas dan Paspor Biasa), Surat perjalanan (untuk WNI, WNA dan Pas Pelintas Batas) dan UU Keimigrasian No. 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian pasal 29 angka 1 Surat perjalanan Lintas Batas atau Pas Lintas Batas dapat dikeluarkan bagi WNI yg berdomisili di Wilayah Perbatasan Negara RI dengan Negara lain.

Dan yang terakhir Persyaratan permohonan PLB yaitu antara lain WNI, Isi Formulir, KTP, Pas Foto, Tanpa Biaya sesuai PP RI No. 45 tahun 2014, Contoh Pas Lintas Batas (Warna Kuning PNG dan merah). Pelintasan yang ada di Perbatasan ini selain pelintasan yang ada di Skouw yaitu di daerah Skofro, daerah Kibay dan rencana yang dari Wembi akan dipindah dan dibuat kajian untuk kemudian dipindah ke Skofro. Adapun Materi Sosialisasi Bebas Visa Kunjungan sebagai berikut Tujuan Bebas Visa Kunjungan adalah Memberikan Kemudahan bagi orang asing yang masuk ke Wilayah Republik Indonesia, Peningkatan perekonomian dan meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara.

Diakhir Sosialisasi disampaikan bahwa masih banyaknya pelintas batas Negara yang belum memiliki Kartu Lintas Batas sehingga hal itu dapat menyebabkan terjadinya banyak penyelundupan baik itu barang-barang maupun orang-orang yang tidak memiliki surat ijin Pelintas Batas. Sehingga butuh kerja sama anatara pihak Keimigrasian dengan aparat terkait dalam hal ini Satgas dari TNI maupun dari pihak Kepolisian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *