H-2 NATAL LIMA POS SATGAS YONIF 713/ST LAKSANAKAN PEMERIKSAAN DAN MENDAPATKAN HASIL

Sebanyak 98 botol Miras berjenis campuran dan 2 Jeregen Saguer diamankan jajaran Pos Satgas Yonif 713/Satya Tama diantaranya Pos Koya Koso, Pos Ramil Tami, Pos Muara Tami, Pos Skamto dan Pos Kout Km 31 dalam tempo waktu 4 jam dipelaksanaan penertiban keamanan pengendara mobil maupun Sepeda Motor, Minggu Sore (22/12/2019).

Menjelang Natal dan pergantian tahun jajaran Pos Satgas Yonif 713/Satya Tama lagi lagi ‎mengamankan peredaran minuman keras (Miras) di Wilayah Papua. “Kami mengerahkan kurang lebih satu regu personel per Posnya dalam kegiatan operasi miras yang kemarin sudah saya tegaskan sebelumnya, bahwa apabila Jam J dan perintah siap gerak bagi prajurit dalam keadaan didadak dan kapanpun akan selalu siap jika memang sudah turun perintah”, ungkap Dansatgas Letkol Inf Dony.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu agar di wilayah Perbatasan aman, nyaman dan kondusif, sebab Miras ini tidak hanya berdampak kepada perorangan namun juga dapat berdampak negatif dalam kehidupan sosial, keamanan, dan menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya apalagi menjelang Natal dan Tahun Baru.

Selama pelaksaan kegiatan Pemeriksaan berlangsung cukup riskan dan beresiko seperti yang terjadi pada pemeriksaan kali ini, dimana ada seseorang pengendara sepeda motor melarikan diri pada saat melihat pemeriksaan yang sedang berlangsung. Kendaraan yang dikendarai yaitu sepeda motor jenis Honda Beat (Nopol tidak ada) dengan kecepatan tinggi dari arah Jayapura menuju Arso dan tidak mau berhenti bahkan hendak menabrak Tim pemeriksa.

Melihat kejadian tersebut Danpos langsung menghubungi anggota yang melaksanakan pengamanan tepi jauh agar memberhentikan sepeda motor yang lari tersebut namun pengenddara tersebut tetap ngotot tidak mau berhenti. Bersamaan dengan itu 4 orang anggota langsung melakukan pengejaran dengan menggunakan 2 sepeda motor.

Para anggota yang melaksanakan pengejaran mendapatkan pelaku yang melarikan diri di dekat jembatan atau di dekat pertigaan Arso 7 dan segera memerintahkan pelaku agar berhenti. Setelah itu pelaku mengurangi kecepatan lalu berhenti dan langsung meninggalkan sepeda motornya lari ke dalam hutan.

Dalam pelaksanaan pemeriksaan ini berhasil mendapatkan sejumlah 98 botol Miras berjenis campuran dan 2 Jeregen Saguer oleh jajaran Pos Satgas Yonif 713/Satya Tama diantaranya Pos Koya Koso, Pos Ramil Tami, Pos Muara Tami, Pos Skamto dan Pos Kout Km 31. Dansatgas Yonif 713/ST Letkol Inf Dony Gredinand, S.H., M.Tr. Han., M.I.Pol kembali menekankan kepada anggotanya untuk tegas kepada masyarakat yang memang melanggar “Tidak ada kata kompromi pada saat pemeriksaan berlangsung dan dimana masyarakat itu terbukti bersalah dalam hal ini membawa barang-barang ilegal maupun melawan personel yang melaksanakan pemeriksaan tentu harus ditangkap dan diamankan”, tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *