PENYULUHAN WAWASAN KEBANGSAAN DI SMK YPK BETLEHEM ARSO 1

Wawasan tentang Kebangsaan tentu harus diberikan sejak dini kepada paemuda pemudi Indonesia karena dengan adanya Wawasan Kebangsaan tentu para generasi penerus bangsa nantinya akan dapat menjadikan bangsa Indonesia menjadi lebih hebat dan maju di kemudian hari, seperti halnya yang dilaksanakan oleh Satgas Yonif 713/Satya Tama Pos Kout Km 31 yang melaksanakan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan di SMK YPK Betlehem Arso 1 tepatnya di Kampung Sanggaria Kabupaten Keerom Provinsi Papua, Jum’at (21/02/2020).

Sebagai dasar Negara Pancasila kembali diuji ketahanannya di era reformasi sekarang ini. Merekahnya matahari bulan Juni 1945, yang lalu disambut dengan lahirnya sebuah konsepsi kenengaraan yang sangat bersejarah bagi Bangsa Indonesia yaitu lahirnya Pancasila. Sebagai falsafah Negara tentu Pancasila ada yang merumuskannya. Pancasila memang merupakan karunia terbesar dari Allah SWT dan ternyata merupakan light-star bagi segenap bangsa Indonesia di masa-masa selanjutnya, baik sebagai pedoman dalam memperjuangkan kemerdekaan juga sebagai alat pemersatu dalam hidup kerukunan berbangsa, serta sebagai pandangan hidup untuk kehidupan manusia Indonesia sehari-hari.

Wawasan kebangsaan merupakan salah satu wahana membangun rasa Cinta Tanah Air karena wawasan kebangsaan merupakan cara pandang Bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya yang didasari oleh falsafah, cita-cita dan tujuan Nasional, namun sampai saat ini pemahanan wawasan kebangsaan dalam diri masyarakat masih sangat kurang oleh karena itu perlu adanya pemberian pemahaman akan wawasan kebangsaan sejak usia dini. Secara teori wawasan kebangsaan masih kurang di pahami oleh masyarakat sehingga pemberian pemahaman wawasan kebangsaan dalam bentuk aplikasi akan lebih mudah dipahami selain itu wawasan kebangsaan ini juga perlu di berikan sejak pendidikan dasar hingga perguruan tinggi seperti dalam mata kuliah kewiraan.

Hadir dalam kegiatan Pemyuluhan ini Letda Ckm M. Syaban (Danton Kes Satgas Yonif 713/ST), Serda Elia (Tenaga Pendidik Satgas Yonif 713/ST), Serda Faisal, Pratu Yohanes, Pratu Gede, Pratu Nanda dan Ibu Yewi Sph (Wakil Kepala Sekolah SMK YPK Arso 1). Materi yang diberikan berupa Pengenalan diri, Pengenalan Histori Bangsa, Keragaman Suku Bangsa Indonesia, Kendala yang dihadapi dalam Penerapan Persatuan Bangsa, Arti Bhineka Tunggal Ika terhadap Bangsa Indonesia dan Mengenali dan Melawan HOAX dari Media Sosial yg Mengancam Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Indonesia.

Ketika wawasan kebangsaan telah melekat dalam diri masyarakat maka saat terjadi bencana masyarakat secara sadar akan tergerak memberikan pertolongan dan tanpa di minta pun orang akan tergerak hatinya untuk memberikan pertolongan secara sukarela dan ikhlas untuk mengenal, memahami serta menyadari Jati diri sebagai manusia indonesia secara etnis maupun budaya ke arah memenuhi “CINTA BANGSA dan TANAH AIR adalah bagian dari IMAN”. Maka dari itu Satgas Yonif 713/ST sangat menganggap penting tentang penyuluhan Wawasan Kebangsaan ini seperti yang disampaikan Letda Ckm M. Syaban “Saya sangat setuju dengan adanya program penyuluhan Wawasan Kebangsaan ini, karena memang harus ditanamkan dari sejak dini tentang kecintaan kepada Bangsa Indonesia agar kedepaanya generasi penerus bangsa dapat menjadikan bangsa Indonesia lebih maju dan berkembang”, ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *