SATGAS YONIF 713/ST MELAKSANAKAN PENYEMPROTAN CAIRAN DESINFEKTAN GUNA PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS COVID-19 DI JAJARAN POS

Dalam penyebaran Virus Covid-19 atau yang disebut dengan Corona ini sangatlah cepat dan pesat perkembangannya, tidak hanya Negara Indonesia saja yang dilanda oleh Virus ini namun termasuk beberapa Negara di dunia sehingga mengakibatkan kekhawatiran dari Pemerintah Indonesia ataupun seluruh masyarakat Indonesia oleh pengaruh virus ini, termasuk juga Satgas Yonif 713/ST yang sedang dalam melaksanakan penugasan di Perbatasan RI-PNG Sektor Utara dengan melakukan tindakan pencegahan yaitu melalui penyemprotan cairan Desinfektan di jajaran Pos yaitu Pos Kotis, Pos Ramil Tami, Pos Muara Tami, Pos Mosso dan Pos Nafri Distrik Muara Tami Kota Jayapura Provinsi Papua, Jumat (27/03/2020).

Mengingat karena penyebaran Virus ini sangatlah cepat sehingga Komandan Satgas Yonif 713/ST Letkol Inf Dony Gredinand, S.H., M.Tr.Han., M.I.Pol memerintahkan kepada personel Tim Kesehatan untuk segera melaksanakan tindakan pencegahan dengan melakukan penyemprotan cairan desinfektan di jajaran Pos guna mencegah penyebaran Virus Covid-19. Virus Covid-19 atau Corona merupakan semacam Virus yang menyerang melalui sistem pernapasan Virus ini dapat menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa maupun lansia. Infeksi virus ini disebut Covid-19 dan pertama kali ditemukan di Kota Wuhan Cina pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa Negara termasuk Indonesia. Corona virus adalah kumpulan virus yang dalam menginfeksi sistem pernapasan.

Pada banyak kasus virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia), Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Infeksi virus Corona atau COVID-19 dapat menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan sakit kepala maupun gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. Namun, secara umum ada 3 gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu Demam (suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius), Batuk dan Sesak napas.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kapten Inf Supriyanto (Danki C Satgas Yonif 713/ST), Lettu Inf Sulaiman (Dankima Satgas Yonif 713/ST), Letda Inf Megantara (Danpos Muaratami Satgas Yonif 713/ST), Letda Inf  Chairul Fajrin (Danpos Mosso Satgas Yonif 713/ST) dan Letda Inf Sitorus (Danpos Nafri Satgas Yonif 713/ST). Komandan Satgas Yonif 713/ST Letkol Inf Dony Gredinand, S.H., M.Tr.Han., M.I.Pol menegaskan kepada seluruh personel Satgas untuk lebih memperhatikan kembali kesehatan pribadinya masing-masing “Saya tekankan untuk kepada personel Satgas Yonif 713/ST agar lebih disiplin dan peduli terhadap lingkungan maupun kesehatan diri sendiri, karena dengan melaksanakan dan menerapkan hidup sehat maka apapun bentuk penyakit termasuk dalam hal ini malaria ataupun Virus Corona tidak akan dapat menyerang, maka dari itu perlu kepedulian dari diri sendiri, senior dan pimpinan untuk secara rutin mengingatkan apabila ada personelnya yang kurang peduli terhadap kesehatan pribadi”, tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *