WUJUD TOLERANSI SATGAS BERSAMA WARGA GOTONG ROYONG BERSIHKAN GEREJA

Sebagai Warga Negara Indonesia semboyan berbeda-beda namun tetap satu menjadi kekuatan, pemersatu dalam hidup berbangsa dan bernegara. Bangsa Indonesia yang beragam suku, bahasa, adat istiadat, agama dan lain sebagainya menjadi kebanggaan bagi kita dan itu harus tetap di jaga dan dilestarikan. Seperti halnya kita berbeda agama maka kita harus tetap bersatu, saling mengormati, saling menghargai, saling membantu dan lain sebagainya.

Salah satu wujud dari saling menghormati, saling menghargai dan saling membantu itu saat ini tercermin seperti yang dilakukan oleh Personil Satgas Yonif 713/ST Pos Kaliasin dibawah pimpinan Letda Inf Ida Bagus Pujana (Danpos Kaliasin Satgas Yonif 713/ST) bersama satu tim Personil Pos Kaliasin bersama warga kampung Kibay Distrik Arso Timur Kab. Keerom Kota Jayapura Provinsi Papua melaksanakan gotong royong, kerja bakti pembersihan Gereja Santa Michael yang terletak di Kampung Kibay, Selasa (19/05/2020).

Gereja Santa Michael yang sekarang merupakan gedung baru namun tetap berada di lokasi yang sama. Gereja Santa Michael dulunya masih terbuat dari kayu dan papan. Namun pada tahun 2020 ini Gereja Santa Michael sudah terbuat dari bangunan permanen. Hal ini terjadi tidak terlepas dari campur tangan pemerintah dalam hal ini Mabes TNI AD lewat Kodim 1701/Jayapura lewat program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 tahun 2020 yang menjadikan renovasi Gereja Santa Michael ini menjadi salah satu targetnya.

Dengan bangunan yang sudah permanen dengan kondisi yang cukup baik maka tugas jemaatnya adalah bagaimana supaya menjaga gedung gereja ini tetap baik, menjaga kebersihannya baik diluar gedung maupun di dalam gedung dengan selalu merawatnya. Hal itulah yang di wujudkan oleh personil Satgas Yonif 713/ST Pos Kaliasin ini dengan warga bersama-sama melaksanakan kerja bakti, gotong royong pembersihan gedung gereja Santa Michael ini. Personil Satgas dan warga bersama-sama saling bahu membahu membersihkan gereja dan lingkungan sekitarnya.

Dansatgas Yonif 713/ST Letkol Inf Dony Gredinand, S.H., M.Tr.Han., M.I.Pol mengatakan bahwa ketika Gereja Santa Michael ini di renovasi lewat program TMMD ke-107 Kodim 1701/Jayapura baru baru ini personil kami Pos Kaliasin ini juga ikut terlibat di dalamnya, dan hasilnya sudah nyata saat ini bangunan Gereja ini sudah berdiri kokoh dan megah. Untuk itu kami selaku Satgas selalu mengajak masyarakat disini untuk senantiasa dapat menjaga, merawat Gereja ini karena itu semua demi kepentingan kita bersama, karena itu semua demi kenyamanan jemaatnya untuk beribadah.

Yulianus Kuntui selaku Pastor yang di tempatkan melayani jemaat di Gereja ini berkata saya dan seluruh jemaat Gereja Santa Michael kampung Kibay mengucapkan terimakasih kepada bapak Letnan Ida dan rekan-rekan yang telah dengan sukarela, iklas mau membantu kami melaksanakan pembersihan Gereja ini. Ini adalah wujud bahwa kita tetap satu bahwa kita tetap saling menghargai walaupun kita berbeda agama, suku dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *